Organisasi Buruh Internasional ( ILO ) , Pengertian , Tujuan, keanggotaan



Organisasi Buruh Internasional ( ILO ) , Pengertian , Tujuan, keanggotaan


Apakah Pengertian ILO itu ?
Apakah Tujuan ?
Bagaimana keanggotaannya ?


Apakah pengertian ILO ?
 
Organisasi Buruh Internasional (ILO) adalah merupakan wakil dari badan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang menangani masalah Internasional ketenagakerjaan  atau buruh international  sesuai standart international , perlindungan sosial, dan kesempatan kerja untuk semua orang.
Organisasi Perburuhan Internasional atau ILO adalah badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang terus berupaya mendorong terciptanya peluang bagi perempuan dan laki-laki untuk memperoleh pekerjaan yang layak dan produktif secara bebas, adil, aman dan bermartabat. 

Apakah Tujuan ILO :
 
Tujuan utama ILO adalah mempromosikan hak-hak di tempat kerja, mendorong terciptanya peluang kerja yang layak, meningkatkan perlindungan sosial serta memperkuat dialog untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang terkait dengan dunia kerja

Bagaimana keanggotaan ILO ?

ILO memiliki 187 negara anggota: 186 dari 193 negara anggota PBB ditambah dengan Kepulauan Cook
Pada tahun 1969, organisasi tersebut menerima Hadiah Nobel Perdamaian untuk karena meningkatkan upaya perdamaian di setiap  tingkat perkerjaan , mengupayakan pekerjaan dan keadilan yang layak bagi pekerja, dan memberikan bantuan teknis kepada negara-negara berkembang lainnya.
ILO mencatat keluhan terhadap entitas yang melanggar peraturan internasional, namun tidak memberikan sanksi kepada pemerintah.


Governing body ( Badan Pengatur ) dalam ILO ,

Badan pengatur  ini terdiri dari 28 perwakilan negara , 14 perwakilan pekerja, dan 14 perwakilan pengusaha.
Sepuluh badan Pengatur inti merupakan negara-negara " sebagai pemimpin industri penting ", Negara-negara tersebut adalah Brasil, China, Prancis, Jerman, India, Italia, Jepang, Federasi Rusia , Inggris dan Amerika Serikat. Masa jabatan tiga tahun.
Badan Pengatur ini bertugas :
menyusun  agenda pada  Konferensi Perburuhan Internasional, dengan mengajukan ,  draf program , kebijakan umum dan anggaran untuk diajukan ke konferensi,
ILO menyelenggarakan Konferensi Perburuhan Internasional di Jenewa setiap tahun di bulan Juni.
Dengan Agenda konferensi :
memilih jenderal direktur,
meminta informasi dari negara-negara anggota mengenai masalah ketenagakerjaan,
menunjuk komisi  pelayanan dan pengawasan pekerjaan pada kantor  pekerja International.

Pejabat Directur Jendral ILO :

Juan SomavĂ­a adalah direktur jenderal ILO dari tahun 1999 sampai Oktober 2012, kemudian di gantikan oleh  Guy Ryder .

ILO untuk Indonesia 

ILO merupakan organisasi Internasional yang mempunyai tujuan  mempertahankan dan meningkatkan kebebasan manusia, dan khususnya kemerdekaan sipil bagi para serikat pekerja/serikat buruh di Indonesia.

Pemerintah dan pengusaha memiliki kepedulian timbal balik memiliki  risiko potensial terhadap keharmonisan sosial dan produksi. Sementara dari ekerja ingin menegaskan hak-hak mereka untuk berserikat dan memperbaiki taraf hidup. 

Perkembangan ini menciptakan satu kebutuhan untuk lebih lanjut membina dan mengembangkan hubungan industrial berdasarkan falsafah Pancasila, dan untuk mengupayakan cara-cara yang praktis untuk mengembangkan kebijaksanaan hubungan industrial yang menggalakkan kesejahteraan sosial dengan mengurangi ketegangan, gejolak sosial, membangun manajemen sumber daya manusia yang modern dan maju, dan dengan demikian mendorong produktivitas yang lebih besar. 
Kebutuhan ini sesuai dengan prinsip dan pengalaman ILO, bahwa kebebasan berserikat dan hak untuk berorganisasi sangat penting dalam mencapai kemajuan sosial dan ekonomi. 

Karena itu, hubungan industrial akan menjadi prioritas utama dalam kerja dan bantuan ILO untuk Indonesia.
Di Indonesia Kebebasan serikat pekerja/serikat buruh masih tergolong rendah karena sistem reformasi belum sepenuhnya berjalan Oleh karena itu peranan ILO di Indonesia sangat penting karena kebebasan berserikat merupakan salah satu hal yang terpenting dalam perburuhan internasional

Comments

  1. Wah terimakasih kak penjelasannya sangat membantu.
    Kenalkan nama saya helliza anriyani dari ISB Atmaluhur

    ReplyDelete
  2. Terimakasih kak informasinya sangat bermanfaat.sukses selalu ya kak.
    Perkenalkan nama saya zulfa dari ISB AtmaLuhur

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

OKI (Organisasi Kerjasama Islam), Keanggotaan dan sejarah terbentuknya

UNESCO ( United Nations of Educational, Scientific, and Cultural Organization ) , Pengertian , tujuan , keanggotaan