UNESCO ( United Nations of Educational, Scientific, and Cultural Organization ) , Pengertian , tujuan , keanggotaan

UNESCO  ( United Nations of Educational, Scientific, and Cultural Organization ) , Pengertian , tujuan , keanggotaan

Apakah Pengertian UNESCO ?
Apakah Tujuan UNESCO ?
Bagaimana Keanggotaannya ?



Markas Besar                           :  Prancis
Pemimpin  Tertinggi  Unesco  : Direktur Jenderal UNESCO
Situs web                                 : unesco.org

Apakah Pengertian UNESCO ?

Kepanjangan dari  UNESCO adalah United Nations of Educational, Scientific, and Cultural Organization. Merupakan badan perwakilan PBB ,  untuk  meningkatkan kerja sama antar negara dan bangsa di dunia ini melalui bidang pendidikan, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan.
Didirikan pada tanggal 4 November 1946 dan berkedudukan di Paris-Perancis, UNESCO memiliki misi untuk berkontribusi kepada pembentukan kedamaian, menghilangkan kemiskinan, membuat pembangunan berkelanjutan dan dialog antar budaya, dengan cara bekerja melalui pendidikan, ilmu pengetahuan, budaya, komunikasi, dan informasi. Saat ini UNESCO secara umum mempunyai dua prioritas terbesar, yaitu perihal Afrika dan Kesetaraan Gender.

Apakah Tujuan UNESCO ?

Beberapa tujuan yang berkaitan dengan misi UNESCO di atas di antaranya adalah:
  1.  Mencapai pendidikan yang berkualitas untuk semua orang, dan pendidikan yang berkesinambungan
  2. Memobilisasi ilmu pengetahuan dan kebijakan untuk pembangunan yang berkelanjutan
  3. Mengatasi tantangan social dan budaya yang muncul di dunia
  4. Membina keberagaman budaya, dialog antar budaya, dan membudayakan perdamaian
  5. Membangun masyarakat yang memiliki pengetahuan inklusif melalui informasi dan komunikasi.
Bagaimana Keanggotaannya ?

UNESCO memiliki anggota 191 negara. Organisasi ini bermarkas di Paris, Perancis, dengan 50 kantor wilayah serta beberapa institut dan pusat di seluruh dunia. UNESCO memiliki lima program utama yang disebarluaskan melalui: pendidikan, ilmu alam, ilmu sosial & manusia, budaya, serta komunikasi & informasi. Proyek yang disponsori oleh UNESCO termasuk program baca-tulis, teknis, dan pelatihan-guru; program ilmu internasional; proyek sejarah regional dan budaya, promosi keragaman budaya; kerja sama persetujuan internasional untuk mengamankan warisan budaya dan alam serta memelihara HAM; dan mencoba untuk memperbaiki perbedaan digital dunia.

Berikut adalah nama-nama Direktur Jendral UNESCO :

Julian Huxley, Britania Raya (1946–1948)
Jaime Torres Bodet, Meksiko (1948–1952)
John Wilkinson Taylor, Amerika Serikat (sementara 1952–1953)
Luther Evans, Amerika Serikat 1953–1958
Vittotino Veronese, Italia (1958–1961)
René Maheu, Perancis (1961–1974; sementara 1962)
Amadou-Mahtar M’Bow, Senegal (1974–1987)
Federico Mayor, Spanyol (1987–1999)
Koïchiro Matsuura, Jepang (1999–2009)
Irina Bokova, Bulgaria (2009–kini)

Sejarah UNESCO 

Pada awal 1942, dalam masa perang, pemerintah negara-negara Eropa, yang menghadapi Nazi Jerman dan sekutunya, bertemu di Inggris untuk Konferensi Pendidikan .Perang Dunia II belum  selesai, namun negara-negara sedang mencari cara dan sarana untuk merekonstruksi sistem pendidikan juga perdamaian dipulihkan. Sangat cepat, proyek ini mendapatkan momentum dan segera mengambil catatan universal. Termasuk  Amerika Serikat, memutuskan untuk bergabung masuk, Selanjutnya mengadakan konferensi di London untuk pembentukan sebuah organisasi pendidikan dan budaya dari November 1-16, 1945.

Ketika konferensi yang dimulai pada 1945 (tak lama setelah PBB resmi menjadi ada), ada 44 negara peserta yang delegasi memutuskan untuk membuat sebuah organisasi yang akan mempromosikan budaya perdamaian, membangun “solidaritas intelektual dan moral umat manusia,” dan mencegah terjadinya perang dunia. Ketika konferensi berakhir pada tanggal 16 November 1945, 37 negara peserta didirikan UNESCO dengan Konstitusi UNESCO.

Setelah ratifikasi, Konstitusi UNESCO mulai berlaku pada tanggal 4 November 1946. Konferensi Umum UNESCO resmi pertama kemudian diselenggarakan di Paris dari 19 November-10 Desember 1946 dengan perwakilan dari 30 negara. Sejak itu, UNESCO telah tumbuh dalam signifikansi di seluruh dunia dan jumlah kantor negara anggota yang berpartisipasi telah berkembang menjadi 195 (ada 193 anggota PBB tetapi Kepulauan Cook dan Palestina juga anggota UNESCO).

Comments

Popular posts from this blog

Organisasi Buruh Internasional ( ILO ) , Pengertian , Tujuan, keanggotaan

OKI (Organisasi Kerjasama Islam), Keanggotaan dan sejarah terbentuknya