World Health Organization (WHO) , Pengertian dan Tujuan

World Health Organization (WHO) , Pengertian , dan Tujuan

Apa Pengertian WHO ?
Apa Tujuan WHO ?
Bagaimana keanggotaan ?

 
Markas Besar             : Jenewa, Swiss
Pemimpin tertinggi : Direktur Jenderal
Situs web                     :  www.who.int


Apa Pengertian WHO ?

WHO ( World Health Organization  )atau Organisasi Kesehatan Dunia merupakan organisasi bagian dari PBB didirikan pada tanggal 7 April 1948 dan bermarkas di Jenewa, Swiss.S ebelumnya, konstitusi mengenai WHO telah ditandatangani oleh 61 negara anggota Liga Bangsa-bangsa pada 22 Juli 1946.
WHO diberi mandat yang luas berdasarkan konstitusinya untuk mempromosikan pencapaian "tingkat kesehatan tertinggi " untuk fisik ,mental dan kesejahteraan sosial  .

Apa Tujuan WHO ?

  1. WHO merupakan organisasi bagian dari PBB dan didedikasikan untuk mendeteksi, mencegah, dan mengendalikan penyakit di dunia serta sebagai badan respon terhadap bencana.
  2. WHO juga melakukan penelitian dengan tujuan memahami penyakit menular dan mengembangkan pengobatan yang lebih efektif.
  3. Organisasi ini juga berpartisipasi dalam program global yang bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang penyakit menular, terutama HIV, TBC, dan penyakit lainnya.
  4. WHO menetapkan bahwa kesehatan bukan hanya keadaan tanpa penyakit fisik, tapi juga mencakup kesehatan mental dan kesejahteraan sosial.
  5. WHO tidak hanya terbatas pada pemberantasan penyakit, tetapi juga pada upaya meningkatkan gizi, kondisi sosial, dan kesehatan mental bagi warga di seluruh dunia.
  6. Bekerja sama dengan organisasi lain seperti American Centers for Disease Control, WHO bertugas menanggapi wabah dan juga mendesain sistem seperti Directly Observed Therapy Shortcourse (DOTS) yang diperuntukkan bagi pengobatan TBC.
  7. Organisasi ini juga aktif di lokasi pengungsian dan di daerah bencana, menerapkan prosedur untuk mencegah wabah penyakit sekaligus menangani kasus penyakit menular yang sudah berlangsung.
  8. WHO bekerja sama dengan berbagai organisasi non-pemerintah serta instansi pemerintah dalam upaya memberikan pelayanan kesehatan berkualitas tinggi untuk semua warga global.
  9. Perwakilan WHO melaporkan apa yang dilakukannya ke kantor pusat sehingga memudahkan tindak lanjut. WHO mengakui bahwa munculnya penyakit menular di suatu bagian dunia adalah ancaman bagi semua warga dunia, sehingga diperlukan respon cepat, pengobatan serta pencegahan yang komprehensif.




Comments

Popular posts from this blog

Organisasi Buruh Internasional ( ILO ) , Pengertian , Tujuan, keanggotaan

OKI (Organisasi Kerjasama Islam), Keanggotaan dan sejarah terbentuknya

UNESCO ( United Nations of Educational, Scientific, and Cultural Organization ) , Pengertian , tujuan , keanggotaan